Tahukah anda hukum badal haji?


Tahukah anda hukum badal haji?


Tahukah anda hukum badal haji?


Dalam melaksanakan ibadah haji, tentunya ada beberapa hal penting mengenai informasi - informasi mengenai ibadah haji. Tahukah anda hukum badal haji?
saat hidup kita mampu menunaikan ibadah haji dengan badan dan harta yang mampu untuk mendukung penunaian ibadah haji kita, maka kita sudah wajib untuk menunaikan ibadah haji, akan tetapi apabila ada seseorang yang dekat sekali dengan kita atau katakanlah itu adalah salah satu dari keluarga kita atau kerabat kita yang telah meninggal tetapi belum berhaji, maka kita sebagai ahli waris dari mereka wajib untuk mewariskan si mayit tersebut inilah yang dimaksud dengan badal haji.  dalil ini sesuai dengan firman allah ta'ala " mengerjakan haji ke Baitullah adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu bagi orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah".

Tidak hanya dalam keadaan sakit, jika si mayit tersebut telah meninggal hingga dalam keadaan masih miskin pin hingga tak mampu berhaji atau jika dia dalam keadaan tua renta hingga tak sempat mengadakan ibadah haji, maka di syariatkan keluarganya seperti anak lelaki atau anak perempuan untuk menghajikan orang tuanya. Untuk kasus semacam ini, kita tetap wajib untuk membadal hajikan orang – orang tersebut.

Sebagai umat muslim yang taat dan tunduk kepada sang khalik sang maha pencipta kita, kita sewajibnya melaksanakan ibadah haji maupun membadalkan haji. ada beberapa syarat untuk membadal hajikan kewajiban seseorang, yakni :
  1.   Orang yang membadalkan adalah orang yang telah berhaji sebelumnya.
  2.   Orang yang dibadalkan telah meninggal dunia atau masih hidup namun tidak mampu berhaji karena sakit atau telah berusia senja.
  3.  Orang yang dibadal hajinya mati dalam keadaan Islam. Jika orang yang dibadalkan adalah orang yang tidak pernah menunaikan shalat seumur hidupnya, ia bukanlah muslim sebagaimana lafazh tegas dalam hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, alias dia sudah kafir. Sehingga tidak sah untuk dibadalkan hajinya.
Adapun mengenai badal haji yang patut untuk di perhatikan yaitu :
·           a. Tidak boleh banyak orang baik dua orang atau lebih.
·       b. Membadalkan haji orang lain dengan upah yang dilarang oleh ulama kecuali kita yang menghajikan seseorang yang tidak memiliki harta dari dirinya sendiri sehingga orang tersebut membutuhkan biaya untuk membadal hajikan.
Nah, sekarang bagi anda yang ingin menunaikan ibadah haji , tentunya sudah paham mengenai badal haji,kan? sekarang penuhi panggilan Allah SWT menuju ke tanah suci untuk melaksanakan tugas kita sebgai umat muslimin dan muslimah yang sholeh tentunya bagi kita yang masih mampu dalam fisik dan finansial yang lebih, akan mendapatkan nilai plus lagi jika kita mau untuk melaksanakan badal haji untuk orang – orang yang kami sebutkan sebelumnya. 
Semoga artikel kami dapat menjadi suatu pembelajaran untuk anda sekalian,ya.

0 komentar:

Poskan Komentar