Wisata Lombok Yang Eksotis

Eksotisme Lombok

Pulau yang terletak di kawasan timur Indonesia ini kaya akan berbagai objek wisata yang sangat indah, terutama wisata alam pantai yang sangat indah dan eksotis.

Salah satu pantainya yang sangat terkenal sebagai salah satu tujuan wisata dunia adalah Pantai Sengigi, pantai dengan hamparan pasir putih yang sangat indah dan ombak lautnya yang sangat mendukung olah raga air, membuat pantai ini selalu ramai dikunjungi terutama pada saat liburan.

pantai senggigi lombok
Pantai Sengigi terletak di sebelah barat pesisir pulau Lombok, pantai ini mirip sekali dengan pantai Kuta di Bali. Keindahan alam bawah lautnya, membuat para wisatawan yang sangat menyukai snorkeling bisa betah berlama-lama menikmati keindahannya. Terumbu karangnya pun masih terjaga, sehingga menjadi daya tarik tersendiri juga.
Di kawasan pantai ini banyak terdapat hotel-hotel dan penginapan dengan harga yang sangat variatif dari yang mahal dengan fasilitas yang lengkap, sampai penginapan yang murah meriah khas wisatawan backpacker.

Untuk kemudahan, beberapa agen perjalanan wisata biasanya banyak menawarkan paket-paket wisata dengan beragam harga sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan. Untuk yang belum pernah mengunjungi lombok, memang jasa yang ditawarkan agen wisata ini sangat membantu.

Karena wisatawan hanya tinggal berangkat dan membawa keperluan pribadi saja, tidak dipusingkan dengan penginapan ataupun akomodasi dan transportasi menuju tempat-tempat wisata di pulau Lombok ini.Biasanya pada saat liburan sekolah, para agen perjalanan wisata akan banyak menerima permintaan untuk perjalanan wisata liburan keluarga ke Lombok.

pura batu bolong lombok


Selain Pantai Sengigi, ada juga Pantai Batu Bolong. Ini adalah sebuah pura yang dibangun di tepi pantai yang menurut legenda, sering digunakan untuk pengorbanan seorang perawan agar dimakan hiu.





gili trawangan lombok

Gili Trawangan, merupakan satu dari tiga gili atau gugusan pulau-pulau kecil di Lombok yang memiliki fasilitas wisata yang paling lengkap dibandingan dua gili yang lain, yaitu gili Meno dan gili Air.
Terletak di sebelah barat pulau Lombok,dengan ketinggian di atas permukaan laut yang sangat signifikan, dan memiliki panjang 3 km dan lebar 2 km. Populasi di pulau kecil ini sekitar 800 jiwa.
Gili Trawangan memiliki nuansa pesta yang sangat kental, karena aktifitas hiburan malam yang sangat ramai di pulau ini setiap malamnya.


transportasi di gili trawangan lombok

Transportasi di ketiga gili ini sangat unik, karena pemerintah setempat melarang keberadaan kendaraan bermotor di ketiga gili ini.
Alat transportasi yang diperbolehkan hanya sepeda dan kereta kuda. Sehingga di gili ini banyak sekali ditemui tempat-tempat persewaan sepeda untuk para wisatawan.
 Untuk transportasi yang menghubungan ketiga gili ini, biasanya digunakan speedboat.



gunung rinjani lombok
Pemandangan wisata alam pegunungan Lombok pun tak kalah menariknya. Sebut saja Kawasan wisata Gunung Rinjani. 
Taman Nasional Gunung Rinjani berada dalam tiga wilayah kabupaten, yaitu Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Barat.
Memiliki ketinggian 3.726 m di atas permukaan laut dan merupakan gunung yang tertinggi ketiga di Indonesia. Menjadi favorit bagi sebagian besar pendaki gunung karena keindahan pemandangannya.


danau segara anak lombok
Di sisi kerucut Rinjani sebelah barat, terdapat sebuah kaldera dengan luas sekitar 3.500 m x 4.500 m yang memanjang ke arah barat dan Timur.
Di kaldera ini terdapat sebuah segara atau danau yang diberi nama Segara Anak. Air yang mengalir ke danau ini melewati sebuah jurang curam, sehingga membentuk air terjun yang sangat indah dengan luas sekitar 11.000 m dan kedalaman sekitar 230 m.
Segara anak juga terkenal sebagai habitat ikan Mas dan Nila, sehingga aktifitas yang sering dijumpai di danau ini adalah memancing.

air terjun tiu kelep lombok
Ada juga air terjun Tiu Kelep, yang terletak di desa senaru, kecamatan Bayan, kabupaten Lombok utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur.
Air terjun ini merupakan salah satu air terjun yang terletak di bawah kaki gunung Rinjani yang memiliki ketinggian sekitar 30 m. Nama Tiu Kelep diambil dari bahasa Saksak “Tiu” yang berarti kolam dan “kelep” yang berarti terbang.
Jadi secara bahasa, Tiu Kelep diartikan sebagai kolam terbang. Untuk menikmati keindahan air terjun ini, wisatawan harus berjalan kaki kurang lebih 30 menit dari pintu masuk dan melalui kawasan hutan hujan tropis yang juga memiliki keindahan alam yang khas.

pulau komodo
Sepaket dengan wisata Lombok, biasanya para wisatawan juga akan diantar untuk berwisata ke pulau Komodo yang sudah dikenal dunia.
Taman Nasional Pulau Komodo bahkan menjadi salah satu tempat yang diajukan untuk menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia.
Hewan besar ini termasuk salah satu hewan yang dilindungi pemerintah karena termasuk hewan yang rentan untuk punah. Anatomi bentuk tubuhnya yang besar dan sangat mirip dengan dinosaurus yang telah punah, menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk berkunjung dan melihat habitat hidupnya.


Paket Wisata Tour Lombok

0 komentar:

Poskan Komentar